5 KEGIATAN UNTUK MENDAPATKAN IDE MENULIS POSTINGAN BLOG

 

Sebagai seorang blogger, mengupdate tulisan pada blog memang seperti sebuah keharusan. Blog yang diupdate secara berkala akan mencerminkan eksistensi Anda sebagai blogger profesional. Namun sayang, banyak blogger yang kemudian tidak kuasa untuk terus-terusan mengupdate tulisan atau tak konsisten dalam memposting pada blognya karena berbagai hal, salah satunya adalah disebabkan macetnya ide menulis. Ide menulis memang pintu gerbang menuju pada pengembangan konten bog. Tanpa adanya ide, satu kata pun tak akan muncul dalam blog.
Sebenarnya ada ribuan ide yang ada disekitar kita jika kita mau lebih teliti dan serius. Menciptakan ide menulis memang butuh ketajaman menangkap berbagai gejala dan fenomena yang ada disekitar. Dan disinilah sebenarnya kekuatan dan peluang yang dimiliki seorang blogger daripada orang lain yang berprofesi lain. Maka mendatangkan ide menulis seharusnya menjadi sebuah prasyarat bagi para blogger karena tidak ada alasan untuk kehabisan ide.
Ide yang selalu bertebaran setiap harinya ini akan bisa diperoleh secara kontinyu oleh blogger jika ia mau terus menerus mengasahnya. Bagi yang masih kesulitan untuk memperoleh ide menulis, berikut ini disajikan beberapa kegiatan dan aktivitas yang bisa blogger lakukan untuk bisa mendapatkan ide menulis artikel di blog.

1. SERING BLOGWALKING

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan ide menulis adalah blogwalking. Blogwalking atau kegiatan mengunjungi blog orang lain adalah kegiatan yang seharusnya sering dilakukan seorang blogger. Dan disaat Anda mengalami kebuntuan untuk menulis, maka blogwalking adalah sarana efektif untuk Anda bisa memperoleh ide.
Syaratnya Anda harus mengunjungi lebih dari 5 blog berbeda yang sesuai dengan tema blog Anda. Jutaan blog yang ada di dunia ini tentu bukan alasan Anda untuk kehabisan blog untuk dikunjungi. Saat Anda mengunjungi beberapa blog dengan beragam postingan yang ada, maka Anda akan dirangsang untuk segera menghasilkan ide menulis.

2. MELIHAT TRENDING TOPIC

Fenomena trending topic (topik yang sedang populer dibicarakan publik) di dunia digital merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ide menulis. Untuk mengetahui trending topic sendiri, Anda bisa mengakses #Twitter. Trending topic memang sangat identik dengan media sosial kicauan burung ini dengan sebuah kode hastag (#) tertentu.
Lihat dan cermatilah topik apa saja yang sedang tren atau sedang marak dibicarakan netizen di twitter. Anda disana memiliki dua pilihan trending topic yaitu TTWW (Trending Topic World Wide) dan TTI (Trending Topic Indoenesia). Pilihlah trending topic yang sesuai dengan minat dan tema blog Anda. Ambilah salah satu trending topic yang menarik bagi Anda untuk dijadikan postingan pada blog.

3. MENGAMATI CHANNEL BERITA

Kegiatan berikutnya untuk mendapatkan ide menulis postingan blog adalah mengamati channel berita yang ada. Anda bisa mengamati berita yang selalu baru ini pada beberapa channel dan perangkat seperti media cetak (koran, tabloid, majalah), media eletronik (televisi, radio) atau #media online (website). Dengan mengamati beberapa berita yang sedang disajikan media tersebut, maka peluang munculnya ide menulis akan semakin besar.
Namun karena saat ini beberapa media telah dipengaruhi unsur politik tertentu, maka Anda harus pintar-pintar menyeleksi channel dan berita yang akan Anda jadikan ide menulis. Pilihlah media yang benar-benar subjektif dalam pemberitaannya dan yang tidak terpengaruh kekuatan politik yang ada.

4. JALAN-JALAN DAN KELUAR RUMAH

Jika Anda masih saja tak menemukan ide menulis dari beberapa hal tadi, maka saatnyalah Anda untuk keluar rumah. Entah apapun yang akan Anda lakukan diluar, yang pasti Anda harus keluar rumah. Ketika Anda diluar rumah tersebut, amati dan eksplorasilah apa-apa yang ada disekeliling Anda. Ingat diluar sana Anda tak harus menemukan kejadian yang luar biasa, namun hal-hal yang sederhana dan biasa saja bisa Anda jadikan bahan dan ide fantastis jika Anda jeli dan tajam menangkap ide tersebut.

 

5. MENCARI PARTNER DISKUSI

Kegiatan atau aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide menulis adalah mencari partner diskusi. Ingat yang Anda lakukan bukan hanya sekedar ngobrol, tapi diskusi. Mungkin awalnya bisa jadi berupa obrolan sana-sini, namun Anda harus mengendalikan pembicaraan pada sebuah diskusi tema. Dalam hal ini Anda bisa mengajak orang-orang terdekat disekitar Anda seperti anggota keluarga, teman atau pacar.
Ajaklah mereka diskusi mengenai satu atau beberapa topik pembahasan. Dengan diskusi akan terjadi tukar menukar pendapat dan transfer pemikiran dan ide. Dari sinilah ide menulis bisa Anda dapatkan untuk selanjutnya eksekusi menjadi sebuah konten pada blog Anda. Semoga bermanfaat. (Sumber : maxmanroe.com)
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
8 April 2018 at 08:17 ×

Saya sering melakukan blog walking dan mencari partner diskusi. Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan

Reply
avatar
chintia lim
admin
7 January 2019 at 19:06 ×

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply
avatar
Thanks for your comment