BERUBAH ATAU PUNAH

BERUBAH ATAU PUNAH
PERUBAHAN DAPAT MENGGILAS SESEORANG. PERUBAHAN JUGA DAPAT MENGANGKAT SESEORANG. APA YANG MEMBEDAKANNYA?
Kami percaya setiap orang—termasuk Anda dan saya—ingin berubah menjadi lebih baik. Namun, masih banyak orang yang sulit untuk benar-benar berubah, apalagi benar-benar sukses setelah perubahan tersebut.
Kata perubahan bagi sebagian atau banyak dari kita, merupakan suatu hal atau kondisi yang menggelisahkan bahkan kita mungkin sesuatu yang mengerikan. Apalagi bila situasi kita sudah nyaman dengan keadaan saat ini.
Namun jika kita diharuskan untuk berubah dan tidak ada pilihan lain selain berubah atau kita akan punah, maka ceritanya menjadi lain.
Harus kita akui dinamika masyarakat di luar kita, iptek dan pola hidup terjadi begitu cepat. Tanpa kita sadari sebagian merupakan kelalaian kita dalam melakukan antisipasi maupun pengelolaan perubahan tersebut, khususnya yang langsung berhubungan dengan kehidupan kita.
Pemahaman terhadap perubahan yang terjadi dan terus berlangsung serta kiat kita mengelola dan mengomunikasikannya dalam perilaku sehari-hari maupun kehidupan sosial akan membentuk sifat kita yang siap dan fleksibel dalam menghadapi perubahan yang terjadi.
Sedikit saya mengupas beberapa kiat dalam rangka benah diri sehingga tidak “punah” :
1. Memiliki cita-cita dan visi masa depan, sekecil apapun itu
2. Cara berkomunikasi yang tepat sasaran
3. Menjadi lebih baik di lingkungan kerja
4. Melakukan pekerjaan ataupun hobi yang bisa menenangkan pikiran
5. Bisa mengatasi rasa bosan dan stagnasi yang disebabkan rutinitas
6. Menumbuhkan rasa percaya orang lain terkadap kita
7. Mengembangkan rasa percaya diri dan Mengembangkan potensi diri
8. Dapat memahami diri sendiri dan Memotivasi diri untuk membangun usaha sendiri
9. Berupaya agar tidak melakukan kesalahan yang sama
10. Mengevaluasi kegiatan sehingga mempunyai arah yang tepat
11. Tidak mudah bimbang dan Tidak mudah terbawa arus serta Tidak mudah dimanfaatkan orang lain.
Semoga butir-butir pengalaman dari berbagai sumber ini bisa menjadi inpirasi bagi semua pihak yang memerlukan, untuk berpacu dengan perubahan dan mampu secara ekselen (bergairah dan bekerja keras untuk hasil terbaik yang memuaskan pihah-pihak yang berkepentingan) dan selalu tanggap serta beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi perubahan, melihat perubahan sebagai peluang untuk mencapai sukses di arena persaingan global.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment