Sebagai pengusaha laundry pastilah kita pernah dihadapkan dengan masalah
SDM/Tenaga Kerja. Masalah ini pasti selalu akan kita hadapi sejak awal usaha
dan selama usaha ini masih eksis berjalan dengan aneka problematikanya. Dari
semua permasalahan tenaga kerja tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang
berharga agar karyawan “betah” bekerja adalah dengan satu kata kunci “
nguwongake”. Artinya kita memperlakukan karyawan secara manusiawi sebagai
partner kerja dan tidak membuat jarak yang berlebihan antara Juragan dengan
Karyawannya.
Berikut
ini secara singkat, saya sampaikan beberapa cara mengelola karyawan yang
mungkin sering terlupakan oleh para Juragan Laundry pada umumnya.
1. MEMBUAT
VISI, MISI DAN STRUKTUR ORGANISASI.
a. VISI
adalah “what be believe we can be”, yaitu gambaran masa depan, akan seperti apa usaha laundry
ini. Atau VISI merupakan sebuah impian yang akan dicapai, di masa yang akan
datang.
b.
MISI
adalah “what be believe we can do”, yaitu “action” dari VISI. Dan MISI adalah langkah-langkah apa
yang akan dilakukan demi mencapai VISI
c. STRUKTUR
ORGANISASI
Struktur
Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi
yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan
jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan
bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi
yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.
2. MENYUSUN
URAIAN TUGAS (JOB DESCRIPTION) KARYAWAN.
Adalah penyataan tertulis mengenai gambaran suatu pekerjaan,
kondisinya, dan hubungannya dengan bagian lain dalam organisasi.
Pada
umumnya karena usaha masih kecil, maka tugas pekerjaan sering serabutan. Namun
untuk jangka panjang agar karyawan menjadi professional harus disusun Uraian
Pekerjaan sesuai tugas masing-masing.
3. MENYUSUN
PERATURAN DAN DISIPLIN KARYAWAN.
Isinya
antara lain : Hak & Kewajiban, Larangan dan Sanksi untuk Karyawan.
Didalamnya mengatur juga tentang Reward & Punishment, agar bisa
meningkatkan produktifitas karyawan
4. MENYUSUN
SISTEM GAJI & KESEJAHTERAAN KARYAWAN
Dalam
pikiran karyawan pada umumnya adalah kapan naik gaji, kapan dapat bonus, kapan
libur bersama, dll. Untuk memenuhi harapan mereka, maka harus disusun system
gaji dan kesejahteraan yang baik sesuai dengan produktifitas kemajuan usaha
laundry Anda.
5. MENYUSUN
SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE)
Adalah panduan hasil kerja yang diinginkan serta proses kerja
yang harus dilaksanakan. SOP dibuat dan di dokumentasikan secara tertulis yang
memuat prosedur (alur proses) kerja secara rinci dan sistematis. Alur kerja
(prosedur) tersebut haruslah mudah dipahami dan dapat di implementasikan dengan
baik dan konsisten oleh karyawan.
Tujuan dari SOP :
ü Memudahkan proses pemberian tugas
serta tanggung jawab kepada karyawan yang menjalankannya.
ü Memudahkan proses pemahaman
(penguasaan tugas) staff secara
sistematis dan general.
ü Menghindari “error” dalam proses
kerja.
ü Mempermudah dan mengetahui
terjadinya kegagalan, inefisiensi proses dalam prosedur kerja, serta kemungkinan terjadinya
penyalahgunaan kewenangan oleh pkaryawan yang menjalankan.
ü Memudahkan dalam hal monitoring dan
menjalankan fungsi kontrol dari setiap proses kerja.
ü Menghemat waktu dalam program
training, karena
dalam SOP tersusun secara sistematis.
Demikian sedikit uraian
tentang Pengelolaan Karyawan dan berdasar pengalaman saya dengan prinsip dasar
“Nguwong-ake” karyawan, yaitu dengan hati nurani dan rasa kekeluargaan,
Alhamdulillah kebanyakan karyawan saya bisa bertahan lebih dari 4 tahun,
kecuali kalau ada masalah internal mereka dan membuat kesalahan fatal.
1 comments:
Click here for commentsMenangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com
ConversionConversion EmoticonEmoticon