MENGENAL LAUNDRY & DRY CLEANING DI HOTEL

Sebagai tambahan informasi dan pengetahuan kita sebagai pelaku usaha Laundry Kiloan, perlu kiranya mengetahui tata cara pengelolaan cucian di hotel. Sistem pencucian yang dirasa baik dan cocok, bisa kita adopsi untuk menyempurnakan SOP pada usaha laundry kita
Laundry and Dry Cleaning Section adalah salah satu bagian di dalam House Keeping Departement pada hotel management yang bertanggung jawab atas semua cucian yang dikirimkan kepadanya.

MACAM LAUNDRY

Cucian – cucian yang dikirim ke Laundry and Dry Cleaning Section dapat dibedakan menjadi dua bagian besar, yaitu House Laundry dan Guest Laundry.

House Laundry

House Laundry adalah segala macam cucian milik hotel yang terdiri dari :

  • Linnen supplies yang digunakan oleh House Keeping Departement (Floor Section), antara lain sheets, pillow case, blanket, bed skirt, bed pad, bed cover, curtain, dan towel.
  • Linnen supplies yang digunakan Food and Beverage Departement, seperti table cloth, multon, napkin, place mat/tray mat, apron, table skirting, green velvet, glass towel, dan kitchen towel.
  • Uniform milik seluruh karyawan hotel Cucian ini sering disebut non revenue producting works karena tidak menghasilkan uang secara langsung, tetapi merupakan sarana pendukung pelayanan terhadap tamu (guest hotel service).

Guest Laundry

Guest Laundry disebut sebagai revenue producting works karena dapat menghasilkan uang secara langsung.
Guest Laundry adalah cucian yang berasal dari para tamu, seperti :
Tamu yang menginap di hotel tersebut (in side guest)
Tamu yang menginap di hotel lain (out side guest)
Para pelanggan, seperti para pengusaha, para pejabat instansi swasta atau instansi pemerintah dan lain – lain yang sering mencucikan pakaiannya, bed cover, karpet, blanket mampu curtain ke hotel karena mereka tidak memiliki mesin cuci yang memadai.

BIAYA PENCUCIAN

Besarnya biaya pencucian didasarkan atas service laundry yang diberikan, yaitu atas :

Jenis cucian, dimana setiap jenis mempunyai tariff biaya service laundry tersendiri.

Macam service yang dikehendaki oleh tamu :


  • Urgent/special service (selesai dalam waktu dua jam), dengan tarif dua kali lipat dari tarif biasa.
  • Special service (dapat diproses selama empat jam), tambahan tarif 50% dari tarif biasa.
  • One day service, cucian dikirim pagi hari maka akan diantar ke kanmar pada sore hari setelah dicuci dan diseterika.


PROSES / CARA PENANGANAN CUCIAN :


  • Washing (laundry) berarti dicuci, diseterika.
  • Press Only (PO), cukup diseterika saja, tidak perlu dicuci terlebih dulu.
  • Dry Cleaning (DC): proses pencucian dengn sistem dry cleaning, tidak dicuci memakai washing machine tetapi dengan pengasapan, bagi cucian yang bahannya terbuat dari wool, sutera, nylon, saten, tissue.


SEBUTAN PETUGAS (STAF) LAUNDRY & DRY CLEANING SECTION

Antara lain : Petugas Valet, Checker, Marker, Washer, Presser, Mangler, Dry Cleaning Operator, dan Order Taker.

Valet

Valet adalah petugas yang mengambil cucian dan mengantarkannya kembali kepada customer laundry setelah diproses sehingga bersih dan rapi kembali.

Checker

Petugas checker adalah mempunyai tugas dan tanggung jawab antara lain, sebagai berikut :


  • Mengecek apakah cucian sudah sesuai laundry list.
  • Memeriksa kalau ada barang yang tertinggal segera memberitahukan kepada Supervisor.
  • Memisahkan pakaian – pakaian sesuai order laundry : special service, express service/urgent,
  • Mengecek setiap cucian apabila ada noda, kancing baju yang lepas, jahitan sobek dan lain-lainnya. 
  • Memeriksa hasil cucian – cucian yang telah selesai


Marker

bertugas antara lain, sebagai berikut :


  • Memberi tanda / kode pada setiap cucian berdasarkan nomor agar tidak hilang dan tidak tertukar dengan yang lain.
  • Memisah-misah cucian berdasarkan : proses penangannya (washing/laundry, press only, dry cleaning) dan jenis bahan (jean, katun, dan lain – lain) dan juga warna cucian dan tingkat kekotorannya.


Selanjutnya Marker menyerahkannya ke Washer untuk diproses sedangkan laundry list diberikan kepada Office Clerk/Order Taker agar dibuatkan Bill.

Washer


  • Tugas Washer antara lain, adalah sebagai berikut :
  • Menerima / mengecek cucian dari sorter maupun marker
  • Memeriksa noda dan kotoran dan menyikatnya serta memisahkan menurut jenis / warna.
  • Memasukkan cucian – cucian kecil dan halus ke dalam net, lalu memasukkannya ke dalam washing machine untuk dicuci bersama – sama dengan cucian yang lain.
  • Mencuci dengan tangan cucian – cucian yang halus (kecil) yang tidak dapat dicuci dengan washing machine.
  • Selanjutnya memindahkan semua cucian yang sudah diperas ke dalam drying tumbler untuk dikeringkan.

Presser

Tugas Presser adalah menyetrika sesuai SOP selanjutnya diserahkan kepada Checker.

Mungler

Bedanya dengan Presser yang diseterika cucian besar : seperti bed cover sheet, pillow case, table cloth, napkin, karpet dll.

Dry Cleaning Operator

Adapun mekanisme prosedur dry cleaning adalah sebagai berikut :
  • Pilah – pilahlan cucian yang akan dicuci menurut warna, jenis serta tingkat kekotorannya.
  • Lakukan spoting (menggunakan chemical stain remover) terhadap pakaian yang kena noda.
  • Masukkan cucian kecil ke dalam net.
  • Bersihkan dahulu filter mesin dari kotoran, bnuka kran mesin steamer boiler, mesin air panas dan angin, lalu hidupkan power.

Order Teker

Order Taker juga sering disebut sebagai Office Clerk. Tugasnya adalah sebagai berikut :

  • Menerima laundry order telepon (office operator).
  • Mengerjakan administrasi laundry, antara lain : Laundry Voucher/Bill, Laporan harian, mingguan maupun bulanan,  PR (Purchase Requestition), SR (Store Requestition), Work Order untuk repair & maintenance, Arsip surat


Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Unknown
admin
29 August 2018 at 16:48 ×

Salam sukses dari kami
untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, chemical dan perlengkapan laundry kiloan maupun satuan silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering

Reply
avatar
Unknown
admin
29 August 2018 at 16:48 ×

Salam sukses dari kami
untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, chemical dan perlengkapan laundry kiloan maupun satuan silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering

Reply
avatar
Unknown
admin
29 August 2018 at 16:48 ×

Salam sukses dari kami
untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, chemical dan perlengkapan laundry kiloan maupun satuan silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bos_pengering, Facebook : Bos Pengering

Reply
avatar
4 January 2019 at 10:04 ×

Semangat Pagi,
Kami PT. Ajidharma Corporindo pabrikan sabun dan detergent pemenang SNI Award 2015 membuka kesempatan kerjasama saling menguntungkan sebagai distributor. Hubungi 021 6511021 atau email hari@union.co.id

Reply
avatar
chintia lim
admin
7 January 2019 at 19:06 ×

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply
avatar
Thanks for your comment